Belitung, Kota Laskar Pelangi

Edisi late post, sekalian mengenang liburan tahun kemaren. Bertepatan libur hari buruh tanggal 1 Mei 2015, gw n temen2 memanfaatkan liburan buat jalan-jalan ke Belitung. Gw ga tau pake paket tour apa ga soalnya mba Yossie yang ngurus semuanya mulai dari penerbangan, hotel, transport selama disana and masalah konsumsi. Tapi 1 orang kena harga 3,4 juta all in untuk tanggal 1-3 Mei (3 hari 2 malam).

Day 1

Berangkat 1 Mei 2015, sampai di Bandara Depati Amir, Pangkal Pinang gw and rombongan dijemput bang memet n kru, mereka yang jadi guide plus pengurus kita selama di belitung. Berhubung memang suda waktunya makan siang, kita makan di rumah makan Fega, Belitung Timur. Tempat ini recomended banget. Selain makanannya enak, bentuk bangunannya unik dirancang seperi kapal perang dan banyak ornamen seperti meriam, dll. Viewnya juga bagus banget dengan haparan perairan yang cocok banget buat berselfie ria 🙂

IMG_2907

Puas makan, foto-foto, lanjut jalan-jalan ke Pemandian suci Dewi Kwan Im. Di kuil ini kita bisa juga minta diramal Ciam Si, model ramalan dari bambu yang ada isi di dalam lalu kita kocok sampai ada kertas ramalan yang keluar.

 

Sebelum mengocok bambu ramalan, kita diharuskan berdoa dan menyebut nama dan asal kita dalam hati. Lalu melemparkan sepasang batu sampai batu yang dilemparkan sama posisinya, lalu mulai mengocok bambu yang berisi kertas ramalan. Kocok bambu sampai keluar kertas ramalam yang berisi angka Ciam Sie, kertas itu yang nantinya kita tukarkan dengan kertas yang sudah ada terjemahan atau arti dari angka tersebut.

Gw pun penasaran pengen coba ramalan ini, setelah mencoba inilah hasil ramalan yang keluar:

05694054a53221a380f508bd28d439a9.jpg

Kita menghabiskan waktu disore hari di tempat ini karna mulai gerimis, tapi udaranya sejuk banget. Ngobrol-ngobrol, foto-foto, setelah itu gw and rombongan menuju hotel Grand Pelangi, Tanjung Pandan buat istirahat sambil prepare buat makan malam.

 

Day 2

Bangun pagi, prepare perlengkapan buat ke pantai karna pantainya cukup jauh dari hotel, terus sarapan. Setelah sarapan, on the way menuju Pantai Tanjung Tinggi.

 

belitung1-13

Cuaca cerah enak buat gosongin kulit. Puas-puasin snorkling 🙂

IMG_3128.JPG

 

Main air, jalan-jalan, foto-foto terus lanjut ke Tanjung kelayang, Batu berlayar, tempat syuting and tugu laskar pelangi, Pulau lengkuas, menara mercusuar, keliling-keliling pulau naik perahu. viewnya keren banget..

IMG_3008

belitung1-20

belitung2-13

Ga cuma snorkling, kita juga bisa lihat bintang laut bertebaran di pasir, mulai dari yang kecil sampai yang besar..

IMG_3007

Waktunya makan siang, rombongan menepi di pulau lengkuas buat makan siang yang udah disediain bang Memet n kru.

IMG_3060

Ditempat ini juga ada menara Mercusuar yang tingginya bikin pegel karna buat sampe keatas ga da lift, jadi harus naik manual alias pake tangga 🙂

IMG_3083

View dari puncak mercusuar

Puas main di pulau lengkuas kita mampir ke pulau pasir, spot pasir yang ada diantara tengah laut.

 

 

fb_img_1454306763267.jpg

fb_img_1454306838488.jpg

Sayangnya ga bisa lama karna air mulai pasang, spot pasirnya mulai terbenam air laut. Lanjut ke tanjung layar and tugu Laskar pelangi, tepat syuting film Laskar Pelangi.

IMG_3138

Tempat terakhir sekaigus penutup jalan-jalan hari ini adalah menyaksikan sunset di Bukit Berahu. Sayangnya lagit agak mendung jadi matahari tertutup awan.

image

So far jalan-jalan ke belitung sangat menyenangkan, viewnya keren banget dan gw suka warna air lautnya yang biru jernih. Kalo ada yang mau jalan-jalan ke belitung pake rombongan ataupun backpack sendirian gw bisa rekomendasiin bang Memet karna orangnya asik banget. Bisa nego-nego sama dia di 081929683521. Soalnya terakir temen gw kesana sendirian diurusin sama bang Memet, mulai dari penginapan, makan, sewa motor, and sewa kapal buat keliling-keliling.

image

With Bang Memet

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s